Retur Barang Beacukai POS Pasar Baru >> Refund BH Cosmetics, US [FAILED]



Setelah google mengenai perihal hal serupa dan baca hasil perjuangan dari kawan blogger lainnya. Untuk alat kosmetik seperti kuas masih bisa diloloskan tetapi untuk eyeshadow/blushon tetap tidak bisa dikeluarkan dan harus di retur. 

Okay..back to the case!

Pilihannya, proses melalui email atau datang langsung ke kantor pos di lapangan banteng Jakarta. Gw pilih proses via email saja. Buat apa repot ngeluarin ongkos, toh barangnya ga bakal keluar juga kan. 


zonked ibu nyaaa... 

Eiitss...ternyata pilihan yang SALAH. Setelah gw telpon Customer Service MPC, si Mas nya menyarankan jika retur ingin cepat ter-proses lebih baik DATANG LANGSUNG.. Remember, datang langsung ke Gedung Pos Ibukota di Jl. Lapangan Banteng, JakPus. Karena jika via email dari BeaCukai ke Pos Indonesia yang membuat proses agak lama. Gw kirim email tanggal 3 Jan, mas nya bilang sudah dipastikan barang gw masih disana, belum di proses kirim.

Gw email juga BH Cosmetics nya, menanyakan proses refund. Mereka akan tetap refund uang gw begitu mereka mengetahui proses pengiriman udah otw ke US.

me email2an ma cs nya bhcosmetics

nge-check ada  transaksi dari bhcosmetics nya atau gak. NOTHING!



Kronologi:

28 nov – order dan kirim dari BH Cosmetics

22 des – surat beacukai datang

3 jan – kirim email berupa scan form retur yang telah di tandatangani dan ktp 

4 jan – di balas oleh team PLI KPPBC. Belum dapat no resi tracking

12 jan – telpon CS MPC. Sudah dipastikan barang masih di Gudang, disarankan untuk datang agar proses retur menjadi lebih cepat.

13 jan – datang ke Gedung Pos Ibukota.Jl. Lapangan Banteng Utara.Tanya satpam, kantor BeaCukai ada disebelah mana. Form retur yang sudah di isi dan fotocopy ktp diberikan ke bagian Informasi BeaCukai lalu udah tinggal aja. Nanti di follow up via email. 

20 Jan – dapat email dari tim KPPBC bahwa proses kepabeanan nya sudah selesai. Selanjutnya akan ditangani PT. POS Indonesia.

Nelpon Kantor POS – ga bisa /line sibuk

Akhirnya dari BH Cosmetics ngirim email notification kalau mereka dapat notification barang gw dikirim balik ke mereka dan mereka akan melakukan proses full refund. Ohh which is good.. fast response.

CS BH Cosmetics bilang Refund sudah dilakukan tanggal 17 February, butuh waktu 2-7 hari kerja tergantung kebijakan kartu kredit itu sendiri. Pas ngecheck tagihan di bulan Maret 2017, refund nya belum masuk. Jadi harus nunggu sampai bulan beriktnya. We’ll see.

April 2017 – pas liat tagihan kartu kredit, belum masuk juga refund nya. Tgl 19 April email CS BH Cosmetics nya lagi dan gw disarankan untuk konfirmasi ke pihak bank. Gw telpon bank penerbit kartu nya, ga ada transaksi menggantung atau dana yang masuk dari pihak BH Cosmetics.

Mei 2017 – masih sama, ga ada tanda-tanda refund tuh ya. Nyerah deh gw. Gw udah bodo amat sama 500ribu nya. 



Kesimpulan:

>>Proses retur dari bea cukai ke pos indonesia memerlukan waktu yang agak lama. Kalau mau cepet, DATANG LANGSUNG, ga usah imal-imel yang kayak gw lakukan, useless.

>>Pasti di retur oleh beacukai, buktinya bhcosmetics nya sendiri yang email ke gw hahahha..

>>REFUND untuk international shipping belum tentu sampe Sayy... Gatot sangat. Tapi mungkin ada yang lebih mulus pengalaman refund nya dengan bhcosmetics loh yaaa dibandingkan pengalaman refund gw ini.

love,
K R I S T I N 

0 comments: